Bahaya, Jangan Turunkan Masker ke Dagu Meski Saat Makan, Ini Sebabnya

Lha terus kalau ingin makan gimana?

Jubir pemerintah untuk penanganan corona, imbau masyarakat menggunakan masker yang benar. Salah satunya tak turunkan masker ke dagu, meski saat berbicara ataupun makan. Karena dapat berakibat fatal.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Achmad Yurianto mengimbau kepada masyarakat agar menggunakan masker secara benar dan tidak menurunkannya ke dagu.

Menurut Yuri, menurunkan masker ke dagu justru dapat membuat bagian dalam masker terkontaminasi dengan virus penyakit yang mungkin menempel di dagu. 



"Menurunkan masker ke dagu itu sama dengan mencemari bagian dalam masker dengan penyakit yang mungkin nempel di dagu, sehingga kalau kemudian (masker) kita naikkan lagi ke atas itu tidak memberikan makna yang baik untuk kita," kata Yuri di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (12/7/2020).

Yuri menyebut, jika memang terpaksa melepas masker seperti saat akan makan atau berbicara, hendaknya masker dilepas saja dan bukan menurunkannya ke dagu.

Meski begitu, masker yang dilepas tetap harus dijaga bagian dalam sehingga tidak tercemar penyakit.

"Kalau memang terpaksa harus melepas masker, lepas. Jangan disangkutkan di dagu karena droplet kita atau kuman penyakit yang ada di luar yang mungkin nempel di dagu akan pindah ke bagian dalam dari masker kita," ujar Yuri.

Kemudian, ia pun menyarankan agar masyarakat menggunakan masker yang nyaman digunakan untuk waktu yang lama.

Yuri menjelaskan, masker yang nyaman digunakan adalah masker yang memberikan cukup ruang antara masker dengan lubang hidung. Sehingga tidak langsung menempel di area hidung dan mulut karena bisa mengganggu pernapasan.

"Yang tidak nyaman akan membuat orang menjadi tidak biaa bertahan lama menggunakan masker. Oleh karena itu, pilihlah masker yang nyaman," kata dia.

Selain tidak menurunkan masker ke dagu, Yuri mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 lainnya seperti rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak dengan orang lain.

Nah, meski banyak dilakukan orang dan dianggap biasa ternyata menurunkan masker ke dagu justru bisa sebabkan masker terkontaminasi virus dan akan membahayakan kesehatan kita, lho.

Jadi sebaiknya mulai hari ini, jangan sampai melakukan hal serupa lagi ya.

Demikianlah pokok bahasan Artikel ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi, Penulis menyadari Artikel ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar Artikel ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang

Sumber : Berbagai Sumber Media Online

0 Response to "Bahaya, Jangan Turunkan Masker ke Dagu Meski Saat Makan, Ini Sebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel