Dosa Besar Jadi Penghalang Datangnya Rezeki Namun Seringkali Diabaikan

Sekarang ini pasti anda merasa rezekiku kok semakin seret yah.

Baru dapat rezeki, eh sebentar sore rezekinya sudah habis, ada saja jalannnya rezeki itu keluar.

Apa yang sebenarnya terjadi? mungkinkah kita ini jago maksiat sehingga rezeki menjadi seret.


Rezeki, itu memang misteri. Akan tetapi Allah Ta’ala Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang membuat aturan yang sangat manusiawi soal konsep rezeki bagi seluruh hamba-hambaNya.


Selain memberitahukan sebab-sebab tercurahnya rezeki, Allah Ta’ala juga memberitahukan hal-hal yang menjadi penghalang tersampaikannya rezeki kepada seorang hamba.

Dan ternyata diantara penghalang-penghalang rezeki tersebut,bisa saja itu ujian dari Allah, tapi bisa juga itu dikarenakan dosa-dosa yang pernah kita lakukan.

Karena kita belum mampu membeli motor baru, akhirnya timbul perasaan iri sama tetangga. Perasaan iri dan tidak senang dengan kebahagiaan orang lain dapat menghambat rezeki kita.

Durhaka Pada Orang Tua


Ridha Allah ada di tangan ibu dan bapak kita. Jika kita sering menyakiti dan menyusahkan orang tua, lihat saja nanti bagaimana nasib kita.

Rezeki akan seret, hidup tidak tenang dan masalah datang bertubi-tubi. Jika tidak ingin mengalami hal seperti itu, hormatilah orang tua dan bahagiakan mereka dengan jadi pribadi yang baik akhlaknya.

Tidak Pernah Beryukur dan Selalu Mengeluh

Kebanyakan dari kita selau mengeluh ketika dihadapi permasalahan ekonomi dan lupa bersyukur ketika sedang diberi rezeki banyak.

Orang yang jarang bersyukur, rezekinya akan dicabut kembali untuk mengajarinya tentang betapa pentingnya mensyukuri nikmat hidup ini.

Pada intinya, kurangnya rezeki adalah bentuk kasih sayang Allah agar kita selalu berintrospeksi untuk memperbaiki diri.

Rezeki di sini sebenarnya tidak selalu dikaitkan dengan uang dan barang. Berkah, rasa cukup dan ketenangan hati juga merupakan rizki yang lebih besari dari uang dan barang.

Tak sedikit orang kaya di luar sana yang gundah hatinya, tak pernah merasa cukup karena pintu rezeki mereka sebenarnya sudah ditutup akibat perbuatan mereka sendiri.

Terlalu Banyak Dosa (Maksiat)


Dosa menghalangi seorang hamba dari datangnya berbagai jenis rezeki, itu berlaku tak hanya dalam bentuk materi berupa uang, benda, dan lain sebagainya.

Pun dosa dapat menghalangi seorang hamba dari mendapatkan rezeki ketaatan. Ketaatan inilah sebaik-baiknya rezeki yang banyak diabaikan oleh sebagian kaum Muslimin.

“Seorang hamba tidak bisa memperoleh rezeki karena dosa yang dikerjakannya,”

Hadits yang dikutip oleh Imam Ibnul Jauzi dalam kitab Shaidul Khatir ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, Imam Ibnu Majah, Imam Ibnu Hibban, Imam Al-Hakim, dan Imam Al-Baghawi Radhiyallahu ‘anhum ‘ajma’in. Wallahu a’lam. 

Demikianlah pokok bahasan Artikel ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi, Penulis menyadari Artikel ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar Artikel ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang
Sumber : Berbagai Sumber Media Online

0 Response to "Dosa Besar Jadi Penghalang Datangnya Rezeki Namun Seringkali Diabaikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel